Kamis, 25 Mei 2017

berlibur di goa sriti

Sriti Goa terletak di Dusun Karangmojo, desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Goa Sriti berbatasan dengan Pindul gua wisata yang sudah terkenal, tepatnya 500 meter ke arah barat. Serta Goa Pindul, Goa Sriti terbentuk dari batu karst yang diproses ratusan tahun yang lalu.
Goa Sriti memiliki panjang sekitar 320 meter, membujur dari Barat ke Timur dan di atas itu di jalan utama yang mengarah ke Goa Pindul. Jadi gua ini adalah di bawah jalan yang ramai setiap hari di lalulalang melewati kendaraan lewat pengunjung. Khas Sriti Goa ini agak berbeda dari Gua Pindul, walaupun sama dilewatkan sungai bawah tanah tapi sungai bawah tanah di air gua ini tidak terlalu dalam, kedalaman air terdalam adalah pinggang orang dewasa, hal ini tentu saja membuat petualangan dalam gua ini lebih unik dan berbeda dari Pindul gua.
Di dalam Goa Sriti ada Gua Stalaktit dan Stalakmit batu yang masih aktif hari ini, ini indah stalaktit batu menjuntai dari gua. Yach..., di wilayah ini adalah pegunungan karst yang kaya stalaktit dan stalagmit yang berusia ratusan tahun dan mungkin bahkan ribuan tahun. Keunikan gua ini meningkat dengan hermitage batu yang seharusnya digunakan pertapa raja Prabu Darma. Sejarah gua ini dibuat sriti burung sarang sarang menempel di dinding gua yang pernah dibuat. Sampai sekarang ini burung burung muncul penggilingan di dalam gua. Goa Sriti merupakan misteri gua. Menurut penduduk setempat, gua ini setelah membuat tempat dipenjarakan oleh seorang raja yang kuat mandra guna. Raja ini adalah raja Malowopati yang bernama Prabu Angling Darma. Prabu Angling Darma memiliki istri yang cantik dan sangat cinta yang bernama Dewi Setyowati.
Menurut cerita rakyat yang masih menempel sekarang, prabu Angling Darma di diyakini berubah menjadi burung belibis, oleh orang-orang di sekitar burung yang disebut Meliwis putih, karena putih bersih. Burung sampai saat ini, setiap tahun pada keyakinan masih sering muncul dalam sebuah danau di Banyubening sekitar 600 meter Selatan dari Goa Sriti. Putih moll-uis biasanya memanifestasikan dirinya dalam waktu yang relatif singkat dan tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menyaksikan kedatangannya. Prabu Angling Darma ini sering ditahan di goa sriti dalam waktu yang lama. Raja Memancing Darma memiliki kekuatan yang luar biasa, salah satu kesaktian adalah "Gineng", dengan ini sihir, Prabu angling Darma dapat berkomunikasi dengan semua jenis hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar