Kamis, 25 Mei 2017

menikmati awan pagi di puncak gunung lanang

Kabupaten Kulon Progo yang sebagian besar wilayah merupakan kawasan perbukitan, menyimpan berbagai potensi wisata alam yang luar biasa, meskipun tidak belum banyak dikenal penonton.
Salah satunya, pemandangan alam dari puncak gunung Lanang terletak di Dusun Sibolong, desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.
Tempat wisata ini baru, menurut cerita, dulunya seorang pertapa Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Dekat puncak gunung terdapat gua Kyai Lanang sedangkan bawahnya lagi terdapat sebuah ritual Nyi Rantam Sari.
Jika pengunjung yang datang di pagi hari atau malam akan melihat indahnya matahari terbit dan matahari terbenam dari puncak gunung. Selain menyaksikan kota Wates dan keindahan pegunungan beberapa seperti Merapi dan merbabu dengan jelas.
It's just bahwa, pengunjung perlu perjuangan cukup melelahkan untuk mencapai lokasi. Meskipun tangga naik telah diperbaiki dan ada pagar untuk keselamatan, tetapi pengunjung yang masih perlu berhati-hati karena posisinya yang curam.
Kades Jatimulyo Anom Sucondro menganggap, Wisata Gunung lanang sangat prospek sebagai turis, karena relatif mudah untuk mencapai pengunjung yang akan pergi ke Goa Kiskendo.
Selain itu, lokasi Gunung lanang pinggir jalan Raya cukup luas dan nyaman, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan itu.
"Pengaturan Gunung lanang yang telah kita lakukan empat bulan terakhir, dan ada beberapa titik pandang substation dengan penambahan beberapa fasilitas, lanang puncak gunung yang sangat layak untuk menjadi daya tarik wisata baru," kata
Anom pada halaman kulonprogo.id, Rabu (6/16).

Bagi pengunjung yang akan naik ke atas gunung Lanang, ada order yang harus ditaati. Antara lain, pengunjung dilarang minum apa pun, kecuali gambar / foto-foto. Selain itu, pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk meninggalkan apa-apa kecuali jejak kaki.
Sementara waktu kunjungan alam pesona Gunung lanang pukul 08.00-18.00 WIB gratis, dan untuk pengunjung yang akan menghabiskan malam / kamp, dapat menghubungi pihak pengelola atraksi lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar