Kamis, 25 Mei 2017

pesona gunung ijo

Selain hutan bakau, daerah Kulon Progo juga memiliki berbagai pilihan wisata alam menawan. Salah satunya adalah gunung Ijo. Gunung Ijo adalah puncak pegunungan Menoreh yang terletak di perbatasan Kulon Progo dengan Purworejo. Perjalanan ke Gunung Ijo adalah salah satu cara yang keren untuk menikmati Kulon Progo dari ketinggian tinggi. Berikut adalah informasi lebih lanjut!
Dari Gunung Ijo, Anda dapat melihat wilayah pegunungan hijuanya di Kulon Progo. Sayangnya informasi yang berhubungan dengan Gunung Ijo ini masih sangat terbatas. Daerah Gunung Ijo ini dapat diakses melalui Waduk Sermo. Dari Waduk Sermo, Anda harus melakukan perjalanan selama sekitar 1 jam. Harap dicatat bahwa jalan setelah Waduk Sermo ini cukup menantang. Jadi selain untuk mempersiapkan kondisi kendaraan baik, Anda perlu pembalap yang dapat diandalkan untuk menaklukkan jalan ke daerah Hargotirto.
Setelah tiba di Hargotirto area, Anda dapat meninggalkan kendaraan bermotor di rumah penduduk dan mengajukan rute ke Gunung Ijo kepada masyarakat setempat. Perjalanan ke Gunung Ijo dimulai dari jalan cor-cast dekat penghuni house. Setelah berjalan menyusuri jalan, Anda akan menemukan sebuah komunitas perkebunan dan lapangan gulma. Secara keseluruhan, trekking ke puncak gunung Ijo memakan waktu sekitar 1 jam berkendara.
Dulu ada rute jalan yang dapat digunakan sebagai penanda untuk Gunung Ijo. Tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa jalan di sekitar sini telah mulai menghilang. Untuk mengantisipasi, Anda dapat mengundang teman-teman yang memahami rute ke puncak gunung ini.
Karena jalur cukup ekstrim, pastikan Anda meninggalkan liburan dalam kondisi fit. Jangan lupa juga untuk membawa makanan dan minuman. Perhatikan juga cuaca sedang berlangsung. Selama musim hujan jalan curam menuju puncak gunung Ijo akan lebih licin. Oleh karena itu memilih alas kaki yang tepat ketika mengunjungi di sini.
Dari puncak gunung Ijo, Anda dapat melihat beberapa tempat wisata terkenal di Kulon Progo seperti Waduk Sermo serta dan hamparan pegunungan di Kulon Progo. Jika cuaca baik, Anda juga dapat melihat keindahan beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing hinggga Gunung Sindoro. Bahkan deretan pantai selatan Jogja juga dapat dilihat dari puncak gunung Ijo.

1 komentar: